Rabu, 15 September 2010

Makanan khas wonosobo

1.MIE ONGKLOK
     Mi Ongklok (bakmi ongklok) adalah makanan khas Kabupaten Wonosobo berupa mi rebus yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, daun kucai, dan kuah yang disebut loh. Paling pas disajikan hangat bersama sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.






2. TEMPE KEMUL
salah satu makanan khas wonosobo. tempe kemul adalah tempe biasa yang balut dengan tepung yang sudah dicairkan dan sudah diberi bumbu lalu digoreng kering bersama tempenya. dan hasilnya adalah seperti gambar di samping. 




3.DENDENG SAPI

daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan semi-manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan.di wonosobo biasanya dendeng terbuat dari daging sapi (tapi memang kebanyakan dendeng di indonesia terbuat dari daging sapi,, hhehe). penyajiannya biasanya satelah diasap, dendeng bisa langsung dimakan, atau bisa juga digoreng. ada juga dendeng yang di buat sate. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar